Minggu, 22 Juni 2014

Teori Belajar Dalam Psikologi

Menurut saya, belajar adalah suatu proses seseorang mengetahui dan mendapatkan suatu informasi yang baik dan buruk dengan caranya masing-masing, sehingga dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, dimana hal baik tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.
Itu pengertian belajar menurut saya sendiri, tapi ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian dari belajar itu sendiri, diantaranya :
1.      Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
2.      Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
3.      Menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
4.      Menurut Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Dalam psikologi dan pendidikan , pembelajaran secara umum didefinisikan sebagai suatu proses yang menyatukan kognitif, emosional, dan lingkungan pengaruh dan pengalaman untuk memperoleh, meningkatkan, atau membuat perubahan’s pengetahuan satu, keterampilan, nilai, dan pandangan dunia (Illeris, 2000; Ormorod, 1995).

Ada beberapa macam teori belajar, yaitu :
1.      Teori Belajar Behaviorisme
Teori belajar ini dikemukakan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman. Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembagan teori dan praktik pendidikan dan pembelejaran yang dikenal sebagai aliran behavioristic. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori ini menggambarkan seseorang yang belajar memiliki sikap yang pasif.
Contohnya, seseorang yang sedang dalam situasi balajar disekolah cenderung menjadi pendiam dan hanya mendengarkan, tidak aktif untuk bertanya-tanya dan lain sebagainya.

2.      Teori Belajar Kognitivisme
Teori yang dikemukakan oleh Ausubel, Bruner, dan Gagne memiliki perspektif bahwa para peserta didik memproses informasi dan pelajaran melalui upaya mengorganisir, menyimpan, dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dan pengetahuan yang sudah ada. Teori ini menekankan pada bagaimana informasi diproses.
Dari ketiga peneliti yang mengemukakan teori ini, masing-masing memiliki penekanan yang berbeda, Ausbel menekankan pada aspek pengelolaan yang memiliki pengaruh utama terhadap belajar. Bruner bekerja pada pengelompokkan/penyediaan bentuk konsep sebagai suatu jawaban atas bagaimana peserta didik memperoleh informasi dari lingkungan.

3.      Teori Belajar Konstruktivisme
Konstruktivisme adalah sebuah filosofi pembelajaran yang dilandasi premis bahwa dengan merefleksikan pengalaman, kita membangun, mengkonstruksi pengetahuan pemahaman kita tentang dunia tempat kita hidup. (Suyono, 2011:104). Karakteristik Belajar menurut teori konstruktivisme adalah sebagai berikut :
    1. Siswa bukanlah sesuatu yang pasif melaikan meliki tujuan.
    2. Pengoptimalan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
    3. Pengetahuan bukan dating dari luar melainkan dikonstruksi dari dalam diri siswa.


Itulah sebagian yang saya ketahui tentang Teori belajar, semoga bermanfaat.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar